Sabtu, 08 Mei 2010

..:: Tugas 5 Keamanan Komputer (Keamanan Emal) ::..

Tugas 5 Jelaskan tentang istilah istilah di bawah ini:
1. SHA-1: Dalam kriptografi, SHA-1 adalah sebuah fungsi has kriptografi yang dirancang oleh National Security Agency (NSA) dan diterbitkan oleh NIST sebagai US Federal Information Processing Standard . SHA singkatan dari Secure Hash Algorithm. Tiga SHA algoritma disusun berbeda dan dibedakan sebagai:
• SHA-0
• SHA-1
• SHA-2
HA-1 menghasilkan 160-bit digest dari pesan dengan panjang maksimum (2 64-1) bit. SHA-1 adalah berdasarkan prinsip sama dengan yang digunakan oleh Ronald L. Rivest dari MIT dalam desain MD4 dan MD5 mencerna pesan algoritma, namun memiliki desain yang lebih konservatif.

Spesifikasi asli dari algoritma ini diterbitkan pada tahun 1993 sebagai Secure Hash Standard, FIPS PUB 180 standar lembaga pemerintah, oleh US NIST (Lembaga Nasional Standar dan Teknologi). Versi ini sekarang sering disebut sebagai SHA-0. Itu ditarik oleh NSA lama setelah publikasi dan telah digantikan oleh versi revisi, yang diterbitkan pada tahun 1995 dalam FIPS PUB 180-1 dan umumnya disebut sebagai SHA-1. SHA-1 berbeda dari SHA-0 hanya oleh rotasi bitwise tunggal dalam jadwal pesan yang fungsi kompresi , ini dilakukan, menurut NSA, untuk memperbaiki cacat dalam algoritma asli yang mengurangi keamanan kriptografi nya. Namun, NSA tidak memberikan penjelasan lebih lanjut atau mengidentifikasi cacat yang telah dikoreksi. Kelemahan yang kemudian dilaporkan di kedua-SHA 0 dan SHA-1. SHA-1 tampaknya memberikan resistensi yang lebih besar untuk serangan, mendukung pernyataan bahwa perubahan NSA meningkatkan keamanan.
2. X 509 adalah Sebuah bagian dari rangkaian rekomendasi X.500 yang mendefnisikan suatu layanan direktori, berupa suatu server atau himpunan server terdistribusi yang merawat suatu database informasi mengenai pengguna. X.509 mendefinisikan suatu framework untuk menetapkan layanan otentikasi dengan direktori X.500 kepada penggunanya. Direktori tersebut dapat melayani sebagai suatu repository dari sertifikat public-key.RSA

3. CAST-128 adalah suatu prosedur perancangan untuk algoritma enkripsi simetris. Dekembangkan pada tahun 1997 oleh Carlisle Adams dan Stafford Tavares dari Entrust Technologies Salah satu algoritma spesifik yang dikembangkan dalam CAST adalah CAST ‐128, yang didefinisikan dalam RFC 2144. Dibuat dengan panjang kunci mulai dari 40 bit sampai 128 bit dengan kenaikan 8 bit (40, 48, 56,.....,128). Algoritma CAST‐128... CAST menggunakan S‐Boxes tetap, tetapi lebih besar dibandingkan dengan DES. S‐Boxesnya dirancang sangat linier dan tahan terhap cryptanalysis.
4. IDEA (The International Data Encryption Algorithm) adalah merupakan sebuah Block Chiper Simetrik yang dikembangkan oleh Xuejia Lai dan James Massey dari SFIT (Swiss Federal Institute of Technology) pada tahun 1991. IDEA menggunakan sebuah key 128 bit IDEA mempunyai perbedaan dengan DES dalam dua hal, yaitu fungsi Round dan fungsi Sub Key Generation.
Perbedaan IDEA dan DES Fungsi Round DES menggunakan model permutasi ( S‐Boxes), persilangan antara setengah bagian kanan dengan setengah bagian kiri pada setiap round, sedangkan IDEA menggunakan tiga operasi matematika yaitu : XOR, penjumlahn binary integer 16 bit dan perkalian binary integer 16 bit. Digunakannya tiga kombinasi operasi matematika pada IDEA untuk memperoleh transformasi kompleks, sehingga sulit untuk dianalisa dan di cryptoanalis. fungsi Sub Key Generationputaran IDEA Pada DES, untuk subkey‐nya dihasilkan melalui suatu pergeseran putar (circular shift), sedangkan IDEA menghasilkan subkey dengan metoda yang kompleks untuk menghasilkan sebanyak 6 key.

5. EL-GAMAL adalah merupakan algoritma kriptografi kunci publik. Algoritma kunci public menggunakan kunci yang berbeda untuk proses transformasinya. Untuk proses enkripsi menggunakan kunci publik, sedangkan proses dekripsi menggunakan kunci privat. Sebaliknya untuk proses tanda tangan digital menggunakan kunci privat sedangkan untuk verifikasi tanda tangan digital menggunakan kunci publik. Algoritma ElGamal mendasarkan kekuatannya pada fakta matematis kesulitan menghitung logaritma diskrit. Algoritma ElGamal merupakan algoritma dalam kriptografi yang termasuk dalam kategori algoritma asimetris. Keamanan algoritma ElGamal terletak pada kesulitan penghitungan logaritma diskret pada bilangan modulo prima yang besar sehingga upaya untuk menyelesaikan masalah logaritma ini menjadi sangat sukar. Algoritma ElGamal mempunyai kunci publik berupa tiga pasang bilangan dan kunci rahasia berupa satu bilangan. Algoritma ini mempunyai kerugian pada cipherteksnya yang mempunyai panjang dua kali lipat dari plainteksnya. Akan tetapi, algoritma ini mempunyai kelebihan pada enkripsi. Untuk plainteks yang sama, algoritma ini memberikan cipherteks yang berbeda (dengan kepastian yang dekat) setiap kali plainteks di enkripsi. Algoritma ElGamal terdiri dari tiga proses, yaitu proses pembentukan kunci, proses enkripsi dan proses dekripsi. Algoritma ini merupakan cipher blok, yaitu melakukan proses enkripsi pada blok-blok plainteks dan menghasilkan blok-blok cipherteks yang kemudian dilakukan proses dekripsi dan hasilnya digabungkan.
6. DSS

7. MD-5 merupakan fungsi hash satu arah yang diciptakan oleh Ron Rivest. MD-5 adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengetahui bahwa pesan yang dikirim tidak ada perubahan sewaktu berada di jaringan. Algoritma MD-5 secara garis besar adalah mengambil pesan yang mempunyai panjang variable diubah menjadi ‘sidik jari’ atau ‘intisari pesan’ yang mempunyai panjang tetap yaitu 128 bit. ‘Sidik jari’ ini tidak dapat dibalik untuk mendapatkan pesan, dengan kata lain tidak ada orang yang dapat melihat pesan dari ‘sidik jari’ MD-5.
8. RC2/40 Dalam kriptografi , RC2 adalah cipher blok yang dirancang oleh Ron Rivest di 1987 . “RC” singkatan dari “Ron’s Code” atau “Rivest Cipher”; cipher lainnya yang dirancang oleh Rivest termasuk RC4 , RC5 dan RC6 . Pengembangan RC2 disponsori oleh Lotus , yang sedang mencari kebiasaan sandi yang, setelah evaluasi oleh NSA , dapat diekspor sebagai bagian dari Lotus Notes perangkat lunak. NSA menyarankan beberapa perubahan, yang Rivest dimasukkan. Setelah negosiasi lebih lanjut, cipher telah disetujui untuk ekspor di 1989 . Seiring dengan RC4, RC2 dengan 40-bit ukuran kunci dirawat baik di bawah US peraturan ekspor untuk kriptografi .Awalnya, rincian algoritma dirahasiakan – eksklusif untuk RSA Security – tetapi pada Januari 29 , 1996 , kode sumber untuk RC2 adalah anonim diposting ke Internet pada Usenet forum, sci.crypt . Sebuah pengungkapan yang sama telah terjadi sebelumnya dengan algoritma RC4. Tidak jelas apakah poster itu memiliki akses dengan spesifikasi atau apakah telah reverse engineered .
RC2 adalah 64-bit blok cipher dengan ukuran variabel kunci . 18 Its putaran diatur sebagai sumber-berat jaringan Feistel , dengan 16 putaran dari satu jenis (pencampuran) diselingi oleh dua putaran jenis lain (dihaluskan). Sebuah putaran pencampuran terdiri dari empat aplikasi transformasi MIX, seperti ditunjukkan pada diagram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar